Senin, 09 Mei 2011

MASALAH DAN CARA MENGHADAPINYA

MASALAH

“Barang siapa yang mengenal dirinya maka ia akan mengenal tuhannya (AL-HADITS)”
Maksudnya apabila kita mengenal diri kita dan ikhlas atas keadaan yang terjadi dalam diri kita dan berserah diri kepada Tuhannya, maka ia akan dekat dengan tuhannya dan mengenalnya.

“Barang siapa yang tertimpa Musibah, lalu menceritakannya kepada orang lain, maka tidak akan tetutup keperluannya (HR.Abu Daud dan Turmudzi)”
Apabila kita menceritakan musibah yang terjadi maka akan menambah penderitaan yang kita alami.

“Siapa yang menyerahkan kekuasaannya kepada Allah SWT, maka AlLah SWT akan memudahkan kesusahan kita”
Apabila kita tidak serakah dalam kekuasaan dan berbagi terhadap sesama dan berinfaq untuk orang yang membutuhkan maka kita akan dimudahkan dalam kesusahan kita.

TIPS dalam kehidupan ini;

“HIDUP ADALAH PILIHAN, KITA HARUS TEGAS DAN TEGA”
Yang di garis bawahi:

1. PILIHAN, dalam kehidupan kita harus punya pilihan dan tujuan, entah itu pilihan dalam memilih teman, pendamping hidup, pekerjaan dan pilihan hidup apa yang kita pilih, seperti: kaya atau miskin, sengsara atau bahagia

2. TEGAS, yang bermaksud dalam menyikapi masalah kehidupan untuk mengambil keputusan sahingga tidah bimbang jika ada masalah.

3. TEGA, maksudnya dalam kehidupan, kita harus tega atau mengorbankan sesuatu untuk hal yang lebih baik sehingga tidak akan ada penyesalan.

3 SIKAP MENGHADAPI MASALAH

1. LARI DARI MASALAH: maka kita sebenarnya dalam lingkaran masalah, dan kita tidak akan bisa terhindar dari masalah tersebut malah memburuk masalah.

2. FOKUS DARI MASALAH: apabila kita focus dalam suatu masalah maka masalah tersebut tidak akan selesai-selesai, justru akan memperlambat masalah agar selesai.

3. FOKUS KEPADA SOLUSI: apabila kita focus dan tertuju pada solusi maka masalah akan terselesaikan dengan cepat


Intisari dari pembahasan seminar yang saya ikuti tentang 'MIRACLE OF IKHLAS'

Created By: Styadi AHmad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar